Atasi Jerawat dengan Skin Care Routine

Jill Skin Care – Para ladies yang memiliki kulit berjerawat biasanya harus ekstra dalam menggunakan skin care routine. Tak hanya itu, ada sejumlah produk yang tidak boleh dikenakan lantaran akan memperparah kondisi kulit berjerawat. Alhasil, menggunakan skin care jadi susah-susah-gampang.

Namun, menerapkan langkah penggunaan skin care yang tepat menjadi kunci untuk menghilangkan jerawat di kulit wajah. Bagi kalian yang baru mengenakan skin care mungkin sedikit kebingungan dengan pemakaiannya. Belum lagi dengan bagaimana cara untuk memilih skin care yang tepat untuk kulit berjerawat. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan produk skin care untuk mengatasi jerawat.

1. Membersihkan wajah dari make up

Setelah lelah seharian beraktivitas, biasanya orang malas untuk membersihkan makeup. Kalaupun membersihkan, kerap kali hanya apa adanya. Alhasil, ada sisa-sisa make up yang tertinggal di wajah. Nyatanya, sisa make up ini berbahaya bagi kulit wajah lho. Sisa dari makeup ini akan membuat lemak sulit keluat dan pori – pori menjadi tersumbat.

Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan ketika selesai beraktivitas, kamu membersihkan wajah dengan benar. Gunakan cleansing oil atau micellar water untuk membersihkan make up dari wajah.

2. Cuci Muka

Setelah membersihkan make up dengan cleansing oil atau micellar water, pastikan kamu mencuci muka dengan baik. Penting halnya untuk melakukan double cleansing agar tidak ada sisa make up di wajah.

Menurut Hadley King, MD, salah seorang dermatologis di New York, sabun cuci muka yang baik untuk kulit berjerawat adalah yang mengandung benzoyl peroxide. Kandungan ini efektif untuk menghilangkan jerawat secara bertahap.

Mungkin banyak sabun cuci muka yang mengklaim ammpu menyerap minyak, nyatanya tidak semua minyak buruk bagi wajah lho. Kulit tetap memerlukan minyak untuk kelembaban. Disarankan untuk menggunakan sabun cuci muka yang tidak terlalu keras.

BACA JUGA :  Perlukah Menggunakan Skin Care di Usia Remaja?

3. Kenakan Toner

Toner menjadi salah satu skin care yang mampu mengurangi minyak berlebih. Tak hanya itu, toner juga mampu melembabkan kulit wajah. Bagi kalian yang memiliki kulit berjerawat, disarankan menggunakan toner yang mengandung hyaluronic acid. Kandungan ini dipercaya mampu menyeimbangkan kelembaban kulit wajah serta menyerap minyak. Melansir Bustle, hyaluronic acid bekerja cepat dalam menenangkan wajah yang iritasi akibat jerawat meradang.

Selain hyaluronic acid, kamu juga memilih toner yang mengandung tea tree dan witch hazel. Kedua kandungan ini menjadi bahan alami dari tumbuhan dan buah-buahan untuk mengatasi kulit berjerawat. Zaman dulu, banyak orang memanfaatkan kedua bahan ini untuk meredakan jerawat. Pasalnya, keduanya berfungsi sebagai dekompresi dan desinfektan yang unik.

4. Kenakan Serum

Bahan dasar pada serum bisa menembus bagian paling dalam kulit. Sehingga, serum menjadi salah satu skin care yang tidak boleh dilewatkan jika kamu ingin mengatasi masalah kulit berjerawat. Pilih serum yang mengandung niacinamide untuk mengatasi jerawat ya. Kandungan ini mampu memperbaiki tekstur wajah berjerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Bahkan niacinamide tidak membuat pori-pori menjadi tersumbat.

Selain itu, kamu juga bisa memilih serum yang mengandung hyaluronic acid. Kandungan ini mampu meremajakan kulit dan mengempeskan jerawat yang sedang aktif. Perlu diketahui bahwa serum dipakai setelah kamu menggunakan makeup remover, facewash, dan toner. Hal ini bertujuan agar kandungan dalam serum bisa terserap oleh kulit wajah.

5. Jangan Lewatkan Pelembab Wajah

Meski kulit berjerawat, bukan berarti kamu bisa melewatkan pelembab begitu saja. Menurut Rachel Nazarian, dermatolog asal New York menyarankan agar mereka yang memiliki kulit berjerawat memilih pelembab dengan kandungan salicylic acid.

BACA JUGA :  Ingin Kulit Putih Mulus Seperti Artis Korea? Ini Rangkaian Skin Care yang Perlu Kamu Ketahui!

Kandungan ini dipercaya membantu menghalangi munculnya bakteri akibat jerawat. Selain itu, salicylic acid juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat yang meradang. Pastikan kamu memilih pelembab yang tidak pekat untuk kulit berjerawat.

6. Mengenakan masker wajah

Masker wajah menjadi salah satu produk skin care yang dipercaya mampu menenangkan kulit. Bagi kamu yang memiliki jerawat, kenakan masker wajah yang mengandung glycolic acid. Biasanya, glycolic acid ditemui pada sabun wajah, toner, dan masker wajah berjenis peel-off.  Fungsi glycolic acid untuk mengatasi kulit mati, mengurangi kelebihan minyak pada wajah, mengecilkan pori-pori, dan menyamaratakan warna kulit yang biasanya diakibatkan oleh jerawat.

Kamu bisa mengenakan masker alami maupun masker yang dijual di toko kosmetik untuk mengatasi jerawatmu. Salah satu masker yang populer adalah masker dari kulit buaya. Beberapa waktu lalu bahkan produk skin care dari kulit buaya ini laris dipasaran. Lidah buaya atau aloe vera adalah bahan alami yang sudah dikenal dengan kemampuannya dalam menenangkan kulit. Di samping itu, lidah buaya juga mengandung asam salisilat dan sulfur alami yang efektif melawan perkembangan jerawat

7. Mengenakan Sunscreen

Meski memiliki kulit berjerawat, sunscreen menjadi hal yang tak boleh dilupakan. Sunscreen bertujuan untuk mencegah munculnya noda hitam pada kulit akibat paparan sinar UV dari matahari. Sekarang ini, tak sediki produk skin care yang sudah menyertakan sunscreen di dalamnya. Namun, meski sudah mengandung sunscreen, kamu tetap disarankan untuk mengaplikasikannya lagi. Biasanya, kandungan sunscreen pada skincare seperti foundation hanya 30 SPF. Sedangkan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV adalah 50 SPF. Untuk itu, sangat disarankan menggunakan sunscreen.

8. Eksfoliasi rutin

Ketika sel kulit mati dan kotoran menumpuk di kulit wajah, hal ini bisa menyumbat pori – pori. Bakteri penyebab jerawat bisa dengan cepat berkembang biak. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Eksfoliasi bisa dilakukan dengan scrub alami maupun buatan.

BACA JUGA :  Cara membayar melalui transfer Bank

Perlu diingat bahwa tidak perlu melakukan eksfoliasi setiap hari. Lakukan kurang lebih dua kali seminggu untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajah.

Di tengah WFH ini mungkin skin care routine jadi terbengkalai. Karena kamu tidak keluar rumah, alhasil merasa kulit wajah bersih-bersih saja. Padahal, meskipun kamu di rumah, kulit wajah tetap terkena debu dan kotoran. Belum lagi jika kamu mengkonsumsi makanan yang tak sehat selama WFH ini. Untuk itu, pastikan kamu juga menjaga gaya hidup sehat selama WFH di samping mengenakan skincare untuk mengatasi jerawat.

Oleh : Ayusandra Adhitya Septi Andany

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *