Menutrisi dari Dalam, Ini 7 Buah yang Baik untuk Kulitmu

Jill Skin Care – Masih banyak orang yang enggan untuk mengkonsumsi buah karena menganggap buah hanyalah pelengkap saja. Padahal, di zaman sekarang ini buah menjadi salah satu hal yang penting untuk dikonsumsi lho…

Tidak hanya untuk kesehatan organ tubuh saja, nyatanya zat gizi yang ada di dalam buah dibutuhkan oleh kulit. Selain melindungi kulit dari luar dengan skincare, kamu juga perlu menutrisi kulit dari dalam lewat makanan terutama buah-buahan.

Ngomong-ngomong soal buah, ternyata buah lebih baik dikonsumsi secara utuh dari pada dijus lho… Hal ini dikarenakan banyak zat gizi yang hilang atau rusak akibat proses pembuatan jus buah. Nggak cuma itu, orang cenderung akan menambahkan gula dan susu kental manis ketika mengkonsumsi gula. Hal ini membuat kadar gula dalam segelas jus menjadi tinggi. Tentunya ini tidak akan baik bagi kulit dan tubuhmu.

Bingung memilih buah? Berikut ini daftar buah yang dipercaya baik untuk tubuh dan juga kulitmu, ladies!

1. Jeruk

Kandungan vitamin C dalam jeruk dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh yang akhir – akhir ini memang dibutuhkan. Ternyata, Vitamin C yang merupakan antioksidan mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Bagi kulit, radikal bebas ini menyebabkan tanda – tanda penuaan.

Berbicara soal vitamin C, perlu diketahui bahwa sifat vitamin C ini mudah rusak jika terkena oksigen. Untuk itu, disarankan mengkonsumsi buah jeruk segar dari pada jus jeruk atau es jeruk. Selain itu, usahakan untuk segera menghabiskan jeruk yang sudah dikupas untuk menjaga kualitas dan kuantitas dari vitamin C dalam jeruk.

2. Apel

Dalam 1 buah apel, rupanya ada banyak vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Mulai dari vitamin C, A, B1, B3, B9, kalium, zat besi, dan antioksidan. Bahkan 1 buah apel seukuran kepalan tangan mampu mencukupi 30 persen kebutuhan serat harian.

BACA JUGA :  6 Tips Menjaga Kelembaban Bibir untuk Wanita

Bahkan, salah seorang Profesor di Institut Pertanian Bogor, mengatakan bahwa apel memiliki sifat antioksidan yang membuat kulit menjadi terlihat awet muda dan bagus. 1 buah apel pun bisa dikonsumsi untuk menggantikan sarapan di pagi hari. Namun, usahakan konsumsi apel yang manis agar tetap aman bagi lambung.

Tentu kamu sudah tidak asing dengan sifat buah apel yang mudah berubah warna menjadi cokelat (browning). Hal ini dikarenakan zat gizi dalam apel bereaksi dengan oksigen di udara. Pastikan kamu langsung menghabiskan apel yang sudah dikupas, dan yang sudah digigit sekalipun.

3. Alpukat

Siapa yang masih sering makan buah alpukat dicampur gula? Atau minum segelas alpukat dengan tambahan gula dan susu kental manis di dalamnya?

Mulai sekarang, yuk hentikan kebiasaan ini. Menambahkan gula dan susu kental manis justru akan meningkatkan kadar gula yang tak baik untuk kesehatan.

Padahal, buah alpukat mengandung Omega-3, vitamin E, hingga vitamin C tinggi antioksidan yang menyehatkan kulit. Mengkonsumsi 100 gram alpukan, maka kamu sudah menambah 10 persen asupan vitamin E untuk tubuh. Seperti yang diketahui, vitamin E ini berfungsi untuk menutrisi kulit agar lembut dan kenyal.

Walaupun rasanya tak asam, alpukat nyatanya mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan. Selain melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi, antioksidan juga meningkatkan kolagen dan memaksimalkan regenerasi kulit.

4. Pisang

Pisang menjadi salah satu buah yang murah dan mudah didapatkan. Mulai dari supermarket hingga pasar tradisional, kamu bisa dengan mudah menemukan buah kuning yang satu ini.

Vitamin yang terkandung dalam pisang yaitu kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan, karbohidrat, protein dan sedikit lemak. Bahkan, kandungan pektin dan pati resisten dalam pisang dipercaya mampu menyeimbangkan kadar gula darah.

BACA JUGA :  Tak Hanya Sekadar untuk Cantik, Merawat Wajah Investasi untuk Masa Depan

Mungkin banyak yang tak berpikir bahwa vitamin dan mineral dari pisang juga bermanfaat positif bagi kulit. Sekarang ini, pisang tak hanya dikonsumsi namun juga dibuat menjadi masker wajah. Tetap saja, kandungan gizi dalam buah bisa dirasakan dengan maksimal ketika dikonsumsi dalam kondisi segar.

5. Jambu

Ternyata, ada buah yang mengandung kadar vitamin C lebih tinggi dari pada jeruk. Yaitu jambu biji merah. Kandungan ini selain bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, juga mampu menangkal radikal bebas yang merusak kulitmu.

Karena bijinya yang banyak, orang cenderung malas untuk mengkonsumsi buah jambu segar begitu saja. Alhasil jus jambu menjadi hal yang kerap dipilih untuk mengkonsumsi jambu dengan mudah. Padahal, banyak zat gizi dalam jambu yang hilang jika jambu dijus.

6. Mangga

Buah yang satu ini menjadi salah satu buah yang memiliki banyak fans. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat siapapun tak bisa berpaling karenanya. Mengkonsumsi satu buah mangga sudah cukup untuk menambah asupan vitamin C, A, serat, hingga mineral sebagai pendukung kinerja organ tubuh.

Tahu nggak sih, satu mangkuk mangga bisa menambah asupan vitamin C kaya antioksidan sebesar 67 persen. Manfaat tersembunyi dari mangga lainnya adalah mampu membuat rambut jadi berkilai.

Menurut penelitian dari The Ohio State University tahun 2015, vitamin A yang terkandung dalam mangga akan mempercepat pertumbuhan rambut serta mengontrol produksi minyak yang keluar dari pori-pori kulit kepala. Hal tersebut membuat rambut tampak berkilau, dan bebas masalah seperti rontok, kusam, atau bercabang.

7. Semangka

Ketika musim panas tiba, semangka menjadi salah satu buah yang tak pernah dilewatkan. Rasanya yang manis dengan kadar air yang tinggi membuat semangka mampu mengusir dahaga. Tak hanya itu, teksturnya yang ringan membuat buah yang satu ini digemari banyak orang.

BACA JUGA :  Cara membayar melalui transfer Bank

Semangka pun kaya dengan kandungan yang baik seperti likopen, vitamin C dan vitamin A. Bahkan, kandungan ketiga zat gizi ini dalam semangka lebih tinggi dari pada tomat. Kandungan antioksidan dalam semangka juga mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan mencegah semua tanda-tanda penuaan kulit.

Tak hanya dikonsumsi secara langsung, semangka juga bisa digunakan sebagai eksfoliator alami. Kandungan vitamin C pada semangka bermanfaat untuk membersihkan wajah dan menyegarkan kulit. Butiran kecil semangka dipercaya bisa diserap kulit wajah sekaligus berfungsi sebagai scrub yang lembut.

Itu tadi adalah 7 buah yang baik untuk kulit. Pada dasarnya, semua buah baik untuk dikonsumsi. Penting halnya untuk segera menghabiskan buah yang sudah dipotong. Pasalnya, buah yang terlalu lama dibiarkan terkena udara terbuka justru membuat zat gizi di dalamnya menjadi rusak.

Sekarang ini, banyak cara unik nan sehat untuk mengkonsumsi buah-buahan. Tidak harus mengkonsumsi buah yang mahal harganya, pastikan konsumsi buah untuk memenuhi kecukupan vitamin dan mineral harian.

Jangan hanya menggunakan skincare untuk menjaga kulitmu, tapi pastikan juga kamu mengkonsumsi buah-buahan yang dipercaya mampu membuat kulitmu cerah dan sehat.

Oleh : Ayusandra Adhitya Septi Andany

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *