Perlukah Menggunakan Skin Care di Usia Remaja?

Jill Skin Care – Kesehatan dan penampilan kulit menjadi priotirtas bagi sebagian besar perempuan. Tapi sebenarnya, apakah skin care perlu digunakan ketika kita masih remaja? Apakah kulit sudah siap jika dikenakan skin care?

Sebenarnya, tidak ada patokan yang pasti pada usia berapa seorang perempuan harus mengenakan skin care. Namun, jika berbicara soal perawatan kulit, maka sejak bayi pun kulit sudah harus terawat.

Ketika masih bayi, orang tua biasanya diminta untuk mengoleskan lotion di kaki bayi dan sekitar pantat untuk menghindari ruam dari popok. Di usia remaja, biasanya masalah jerawat akan muncul. Biasanya, remaja perempuan sudah mulai memilih berbagai macam produk skin care untuk mengatasi jerawat tersebut.

Karena masih pemula, biasanya remaja masih minim pengalaman untuk memilih merk dan produk skin care yang tepat untuk kulit wajah. Alhasil, tak jarang skin care yang dipilih justru memperparah kondisi jerawatmu.

Hal pertama yang wajib diketahui oleh para remaja adalah mengetahui jenis dan permasalahan kulit. Hal ini karena memengaruhi bagaimana kamu memilih produk dan tahapan skin care routine.

Terdapat 5 jenis kulit mulai dari kulit kering, kulit berminyak, kulit normal, kulit kombinasi, dan kulit sensitif. Ketika kamu sudah mengetahui jenis dan permasalahan kulit wajah, maka selanjutnya kamu bisa berkonsultasi dengan orang lain atau pakar untuk mendiskusikan soal produk skin care yang akan kamu kenakan.

Jessica Wu, Dermatologis di Los Angeles dalam situs halodoc menyebutkan bahwa ada banyak permasalah kulit wajah yang sering ditemui oleh remaja, seperti jerawat, komedo dan produksi minyak berlebih menjadi keluhan terbanyak bagi anak-anak yang mulai memasuki usia remaja.

Ada berbagai produk yang bisa kamu digunakan untuk para remaja. Yang pertama adalah micellar water. Produk skin care ini bertujuan untuk membersihkan kulit wajah dari debu dan kotoran. Apalagi jika aktivitasmu di sekolah cukup padat.

BACA JUGA :  Cara membayar melalui transfer Bank

Kedua adalah facial foam atau sabun cuci muka. Sebelum seorang remaja mengenakan skin care yang bermacam-macam, maka facial foam jadi produk skin care pertama yang wajib digunakan. Ini menjadi langkah awal bagi para remaja untuk mendapatkan kulit yang glowing dan sehat. Tak hanya sekadar membersihkan, facial foam juga berfungsi untuk mencegah kerusakan kulit.

Ketiga adalah pelembap. Pelembap berfungsi untuk melembapkan, melindungi kulit dari debu, polusi, sinar matahari serta mencegah kerusakan kulit dan penuaan dini. Banyak remaja yang beranggapan menggunakan pelembap akan membuat kulit semakin berminyak padahal pelembap juga berfungsi untuk menyeimbangkan kadar minyak dan air pada kulit.

Keempat adalah masker wajah atau sheet mask. Tidak perlu mengenakannya setiap hari, sheet mask hanya dikenakan seminggu sekali saja. Sheet mask bertujuan untuk menutrisi dan merawat kulit secara intensif.

Terakhir, kamu bisa mengenakan bedak. Tidak perlu menggunakan bedak yang terlalu tebal agar kulit tetap bisa bernafas dengan leluasa.

Oleh : Ayusandra Adhitya Septi Andany

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *